5 alasan mengapa harus memahami psikologi pendidikan







1) Memahami Perbedaan Individu (Peserta Didik)


Seorang guru harus berhadapan dengan sekelompok siswa di dalam kelas dengan hati-hati, karena karakteristik masing-masing siswa berbeda-beda. Oleh karena itu sangat penting untuk memahami perbedaan karakteristik siswa tersebut pada berbagai tingkat pertumbuhan dan perkembangan guna menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Serta agar mendapatkan hasil yang maksimal. Psikologi pendidikan dapat membantu guru dan calon guru dalam memahami perbedaan karakteristik siswa tersebut dan bisa mengerti.(Baca juga : Pengertian intelegensi, kreatifitas, bakat dan prestasi belajar)

2) Penciptaan Iklim Belajar yang Kondusif di Dalam Kelas


Pemahaman yang baik tentang ruang kelas yang digunakan dalam proses pembelajaran sangat membantu guru untuk menyampaikan materi kepada siswa secara efektif. Iklim pembelajaran yang kondusif harus bisa diciptakan oleh guru sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan efektif. Seorang guru harus mengetahui prinsip-prinsip yang tepat dalam proses belajar mengajar, pendekatan yang berbeda dalam mengajar untuk hasil proses belajar mengajar yang lebih baik. Psikologi pendidikan berperan dalam membantu guru agar dapat menciptakan iklim yang kondusif di dalam kelas, sehingga proses pembelajaran di dalam kelas bisa berjalan efektif dan menuai hasil yang di harapkan. (Baca juga : Pengertian Pertumbuhan, perkembangan dan kematangan serta contohnya)

3) Pemilihan Strategi dan Metode Pembelajaran



Metode pembelajaran didasarkan pada karakteristik perkembangan siswa. Psikologi pendidikan dapat membantu guru dalam menentukan strategi atau metode pembelajaran yang tepat dan sesuai, dan mampu mengaitkannya dengan karakteristik dan keunikan individu, jenis belajar dan gaya belajar dan tingkat perkembangan yang sedang dialami peserta didik. Kita harus bisa menyesuaikannya dengan keunikan setiap individu itu.


4) Memberikan Bimbingan Kepada Peserta Didik


Seorang guru harus memainkan peran yang berbeda di sekolah, tidak hanya dalam pelaksanaan pembelajaran, tetapi juga berperan sebagai pembimbing bagi peserta didik. Bimbingan adalah jenis bantuan kepada siswa untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi. Pengetahuan tentang psikologi pendidikan memungkinkan guru untuk memberikan bimbingan pendidikan dan kejuruan yang diperlukan untuk siswa pada tingkat usia yang berbeda-beda. Guru adalah contoh bagi muridnya serta orang yang harus bisa membimbing ke hal yang positif. (Baca juga : Masalah yang terjadi selama remaja serta strategi mengatasinya)

5) Mengevaluasi Hasil Pembelajaran


Guru harus melakukan dua kegiatan penting di dalam kelas seperti mengajar dan mengevaluasi. Kegiatan evaluasi membantu dalam mengukur hasil belajar siswa. Psikologi pendidikan dapat membantu guru dan calon guru dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran siswa yang lebih adil, baik dalam teknis evaluasi, pemenuhan prinsip-prinsip evaluasi maupun menentukan hasil-hasil evaluasi. Evaluasi ini sangat penting agar kita bisa mengetahui sejauh mana siswa itu berkembang.

                                                                   Daftar Pustaka 


http://kentanks.blogspirit.com/archive/2006/03/04/intelegensi-dan-iq.html
http://id.wikipedia.org/wiki/bakat/psikologi
http://id.wikipedia.org/wiki/kreativitas/psikologi
http://id.wikipedia.org/wiki/belajar/psikologi
Catatan mata kuliah Psikologi pendidikan 2005. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.