Teori tentang sifat & hakikat negara (defenisi para ahli dan penjelasannya)





1. Teori organis tentang negara ( organishe statleer ), negara dianggap sebagai suatu organisme yang hidup seperti manusia, negara identik dengan manusia. Sel” hidup = individu” , tubuh = lembaga, nyawa = semangat& nasionalisme.

2. Teori kekuatan ikatan ( Verbandseinhett ). Negara itu terdiri dari dua golongan, yang memerintah dan yang diperintah. Diantara keinginan pemerintah dan keinginan rakyat yang tidak sama diarahkan pada tujuan tertentu, dicoba disatukan dengan cara perimbangan kekuatann dengan kekuasaan.

3. Teori hukum murni ( Reine Rechtlehre ). Negara merupakan suatu ketertiban kaidahpersonifikasi dari ketertiban hukum adalah ketertiban negara. Hukum mempunyai daya ikat/ mengikat masyarakat. Negara punya kekuasaan, kekuasaan negara terpancar dari hukum. Masyarakat hukum harus tunduk pada hukum, negara identik dengan hukum.

Sifat dan hakikat negara ditinjau dari pandangan sosiologis :

1.      Menurut Kranenburg & Rudolf Sment, mengatakan bahwa manusia membentuk organisasi, organisasi ini disebut negara, dan organisasi ini adalah organisasi tertinggi. Negara dibuat sebagai alat untuk mengatur kelompok manusia yang ada di dalamnya. Dalam rangka mengatur kelompok manusia tersebut, negara harus memiliki WIBAWA. Wibawa menurut  ilmu politik adalah kekuasaan yang diberi legalitas.

Kesimpulan menurut Kranenberg & Rudolf Sment, sifat dan hakikat adalah organisasi kekuasaan ( Dwang Organisatie ).

2.      Herman Heller & Loggeman, mengatakan bahwa kewibawaan merupakan kekuasaan tertinggi yang dimiliki siapa untuk siapa, dengan kata lain mereka tidak setuju dengan K&RS.

3.      Oppen Heimer &Gumplowiks, negara itu ada karena ada penaklukan kelompok lain, sehingga sifat & hakikat suatu negara menaklukan negara lain/ kelompok lain.

4.      Leon Duguit, sifat & hakikat negara merupakan organisasi dari orang” kuat untuk melaksanakan kehendaknya pada orang” yang lemah.

5.      Harold J.Laski, bahwa terbentuknya kelompok” yang banyak pada manusia itu terjadi karena adanya kesadaran manusia atas bahaya bersama. Kelompok mempunyai kedaulatan terhadap kelompoknya sendiri.

Sifat dan hakikat negara ditinjau dari pandangan yuridis yaitu Sebagai objek hukum negara adalah alat negara lebih rendah dari manusia, negara dipandang sebagai pembuat hukum. Atau Rechtsverhaltnis yaitu negara dianggap sebagai hasil perjanjian.

Sifat & hakikat negara secara obyektif, negara dilihat dalam suatu kenyataan. Negara ada karena suatu keadaan, negara ada karena ada unsur tertentu, negara sebagai organisme, organisme yaitu sesuatu yang mengalami perkembanagan. Secara politis yaitu negara sebagai alat interaksi.

Teori Sifat Hakikat Negara Menurut Logemann - Berbeda dengan pendapatkranenburg,logemann mengatakan bahwa negara itu pada hakekatnya adalah suatu organisasi kekuasaan yang meliputi atau menyatukan kelompok manusia yang kemudian disebut bangsa.Jadi pertama-tama negara itu adalah suatu organisasi kekuasaan,maka organisasi ini memiliki suatu kewibawaan atau gezag,dalam mana terkandung pengertian dapat memaksakan kehendaknya kepada semua orang yang diliputi oleh organisasi itu.

Teori Sifat Hakikat Negara Menurut R.Kranenburg - Mengenai pendapatnya tentang negara,krenenburg mengatakan bahwa negara itu pada hakekatnya suatu organisasi kekuasaan,diciptakan oleh sekelompok manusia yang disebut bangsa.Jadi menurut kranenburg terlebih dahulu harus ada sekelompok manusia yang mempunyai kesadaran untuk mendirikan suatu organisasi dengan tujuan untuk memelihara kepentingan dari kelompok tersebut.Maka disini yang primer,artinya yang terpenting dan terlebih dahulu harus ada yaitu kelompok manusianya.

Teori Sifat Hakikat Negara Menurut Plato - Plato adalah murid dari socrates.Ia banyak menulis buku,diantaranya yang terpenting : Policia atau negara,Politikos atau ahli negara,Nomoi atau undang-undang.

Paham plato mengenai negara adalah keinginan kerja sama antara manusia untuk memenuhi kepentingan mereka.
Kesatuan mereka inilah kemudian disebut masyarakat dan masyarakat itu adalah negara,antara sifat-sifat manusia ada persamaannya dengan sifat-sifat negara.

Sifat-sifat manusia                                                            Sifat-sifat negara
1.Pikiran -------------------------------------------->    Golongan Penguasa
2.Keberanian -------------------------------------->      Golongan Tentara
3.Aneka kebutuhan ------------------------------>         Golongan Pekerja

Plato dalam bukunya politikos menguraikan hal-hal pemerintahan dalam bukunya nomoi menguraikan tentang negara dan hukum dengan menggapai dunia kenyataan.